Penguatan Sistem Kesehatan Global yang Inklusif

Pembangunan kesehatan global merupakan salah satu isu prioritas yang dibahas dalam Presidensi G20 Indonesia mengingat pandemik COVID-19 yang masih belum berakhir dan memberikan dampak yang luar biasa pada berbagai sektor di berbagai negara di dunia.

Melalui momentum presidensi G20 ini seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam mengendalikan pandemik COVID-19 terutama di sektor kesehatan dan perkonomian.

Penguatan sistem kesehatan global diharapkan dapat membuka jalan baru untuk pemulihan global yang inklusif. Hasil pembahasan mengenai inisiatif Indonesia pada Presidensi G20 yaitu financial intermediary fund dan finance health platform sebagai sarana pendanaan pemulihan kesehatan global pascakrisis pandemik.

Indonesia juga telah berdiskusi dengan WHO (World Health Organization) terkait penggunaan dana tersebut agar dapat dimanfaatkan secara adil dan cepat di mana pihak WHO yang akan menentukan negara mana yang perlu mendapatkan prioritas jika terjadi pandemik seperti beberapa waktu belakangan.

Momentum Presidensi G20 Indonesia ini menekankan bahwa seluruh sektor yang terdampak pandemik di berbagai negara tidak hanya harus pulih melainkan juga harus berkembang dengan lebih baik sebagaimana tema yang diusung, yaitu “Recover Together, Recover Stronger”.

Berbagai negara delegasi G20 juga turut mengapresiasi inisiatif Indonesia dalam agenda financial intermediary fund ini. Presidensi G20 Indonesia bidang kesehatan diharapkan mampu menghasilkan bukti nyata yang dapat meningkatkan ketersediaan dan akses vaksin secara merata di seluruh dunia.

Seluruh negara yang tergabung dalam G20 akan terus berkontribusi untuk penguatan sistem kesehatan global secara inklusif dan lebih responsif terhadap krisis sehingga dapat pulih bersama.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan segera dilaksanakan di Bali pada November 2022 mendatang. Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan berbagai macam agenda untuk mensukseskan Presidensi G20. Pada bidang kesehatan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan fokus memperkuat 4 hal utama untuk memastikan momentum pertemuan G20 dapat berjalan secara aman dan sehat mengingat pandemik COVID-19 belum benar-benar berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *