Perkuat Sistem Kesehatan dan Respon COVID-19, Indonesia Gandeng WHO dan Uni Eropa

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia menggandeng World Health Organization (WHO) dan Uni Eropa untuk memperkuat respon terhadap COVID-19, serta sistem kesehatan di Tanah Air agar di masa depan siap menghadapi situasi kedaruratan kesehatan.

Perwakilan WHO untuk Indonesia N Paranietharan mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan pengingat bahwa sistem kesehatan yang kuat dan tangguh adalah investasi yang diperlukan untuk ekonomi yang berkembang, serta menjadi pilar utama bagi keamanan kesehatan nasional dan global.

“Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk membangun sistem kesehatan yang lebih baik dan lebih tangguh untuk wabah di masa depan,” kata N. Paranietharan dalam kegiatan virtual tersebut pada Jumat (12/3/2021).

N. Paranietharan mengatakan, penguatan dalam pelacakan kontak, laboratorium, serta aspek yang berbeda pada respon ini, tidak hanya bermanfaat untuk pandemi COVID-19 saat ini, tetapi juga di masa depan.

Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengatakan, Team Europe menyediakan lebih dari 200 juta Euro untuk mendanai respon COVID-19 dan program kesehatan masyarakat, meningkatkan dukungan masyarakat sipil untuk masyarakat rentan, serta memperkuat sektor kesehatan dan kesiapsiagaan pandemi untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *